my world

my world

Rabu, 02 September 2015

Probolinggo Yuk Monggo



                Probolinggo merupakan suatu wilayah kecil di kawasan Jawa Timur. Berbatasan langsung dengan daerah Pasuruan, Lumajang, Situbondo dan Selat Madura di sebelah utaranya. Terletak 100 km dari Ibukota Jawa Timur yakni Surabaya.

                Probolinggo sangat terkenal dengan objek pariwisatanya yang bernama Gunung Bromo. Meski dapat dilalui dari berbagai kota seperti Lumajang, Malang, dan Pasuruan, namun Probolinggo masih menjadi pilihan utama pelancong karena jaraknya yang lebih dekat dan bagusnya pemandangan yang ditawarkan dari sudut daerah Probolinggo. Gunung Bromo tak hanya menyajikan sebongkah gunung, namun di kawasannya juga terdapat gunung batok, bukit Telletubies, dan Pasir Berbisik. Ternamakan Gunung Batok, karena bentuknya menyerupai batok kelapa. 



 Di sisi kanan juga terdapat bukt yang menghijau karena tanaman paku-pakuan. Bukitnya yang hijau segar menjadi alasan kenapa bukit ini dinamakan Bukit Telletubies. Dan sebelum menginjakkan kaki di gunung bromo, kita harus berjalan diatas pasir hitam yang luas, disebut pasir berbisik, karena lautan pasir ini akan seperti berbisik bila ditiup angin.
                Tak hanya terkenal dengan Gunung Bromo, Probolinggo juga memiliki air terjun yang tak kalah menawan. Air Terjun Madakaripura, menyejukkan mata dengan pemandangan alam yang masih terjaga.

         Gunung dan Air Terjun, tak hanya itu, Probolinggo juga memiliki wisata alam berupa pantai dan taman mangrove yang cukup tersohor. Taman Mangrove BJBR yang berdiri diatas pelabuhan Probolinggo menjadi pilihan pelancong untuk berjalan-jalan dijembatan kayu yang di kelilingi tanaman mangrove. Spot cantiknya untuk berfotopun tak kalah dilewatkan.
 
 
Pantai Bentar yang tak hanya menyajikan keelokan pantai, namun terkadang anda dapat bertemu dengan hiu tutul di kawasan ini. Di sebrang pantai bentar, terdapat bukit bentar yang berhadapan dengan jalan raya. Bukit Bentar kini semakin booming, karena pemandangan ala puncak tebing yang dibawahnya langsung terdapat jalan raya, dan pemandangan laut dari atas bukit yang eksotis.


                Masyarakat Probolinggo mayoritas bersuku Jawa dan Madura. Jadi, tak heran apabila masyarakat Probolinggo juga fasih berbicara bahasa Madura, dikarenakan dalam kehidupan bermasyarakat pun mereka kerap menggunakan bahasa Madura. Profesi masyarakat pun beragam, mulai dari PNS, Petani, Nelayan, Peternak, dsb.
                

 Jika Surabaya memiliki Rujak Cingur, Probolinggo juga memiliki jajanan khas bernama Rujak Rok Erok. Rujak ini adalah rujak buah yang hanya berbumbu petis ikan madura. Rasa pedas, segar, dan ikan pun menyatu dalam jajanan murah ini. Harganya yang murah menjadikan Rujak rok erok disukai banyak masyarakat.
                Itulah beberapa hal tentang daerah Probolinggo, yang tentunya akan selalu menjadi kota dengan kekhasannya tersendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar