my world

my world

Rabu, 02 September 2015

Belanja Zaman Sekarang



Kecanggihan zaman era kini cukup membuat perubahan kehidupan manusia. Beberapa perubahan ke arah yang negatif dan beberapa pula ke arah positif yang mempermudah kehidupan manusia. Munculnya gadget-gadget canggih dari berbagai pilihan merk, harga mewarnai perkembangan zaman. Kehadiran internet seakan menjadi pasangan mati bagi para gadget masa kini. Dengan adanya internet yang tersambung di gadget, kehidupan manusia semakin banyak mengalami perubahan.
          Belanja, merupakan salah satu aktifitas kehidupan manusia yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup maupun hanya untuk memenuhi kebahagiaan. Sebelum kecanggihan teknologi seperti sekarang, belanja hanya dapat dilakukan dengan pertemuan langsung antara penjual pembeli di tempat. Menawar, kesepakatan dan memberikan uang dilakukan secara langsung diantara penjual dan pembeli. Pembeli pun dapat bebas memilih dan melihat langsung barang yang ingin dibeli. Itulah belanja yang kita kenal.
Namun perkembangan zaman telah menjadikan diksi ‘belanja’ tak hanya sedemikian rupa. Belanja masa kini tak mewajibkan pembeli dan penjual bertemu secara langsung satu sama lain. Kini belanja cukup mudah. Hanya dengan seperangkat gadget berfasilitaskan internet, pembeli dapat belanja kemanapun di seluruh dunia, dan mencari apapun. Tak ada lagi batasan ruang dan waktu bagi kita untuk berbelanja.

Online shopping menjadi pilihan bagi pembeli yang memiliki keterbatasan ruang dan waktu. Begitu mudah dan cepat. Hanya tinggal memilih barang melalui gambar yang disajikan penjual melalui akun sosial media seperti facebook, instagram, twitter, website, dll. Pilihan pun beragam dan begitu dinamis sesuai dengan perkembangan zaman. Jika telah deal, pembeli hanya perlu mengirimkan sejumlah uang via transfer ke rekening penjual.
Baik belanja konvensional maupun belanja masa sekarang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kekurangan dari online shopping yang sering kali terjadi kepada pembeli adalah kekecewaan dan penipuan. Cukup banyak pembeli yang kecewa terhadap barang yang telah dibelinya. Barang yang tak sesuai dengan gambar, kualitas barang yang rendah yang ternyata tak sepadan dengan harga. Penipuan online shopping yang dilakukan beberapa oknum juga begitu sering terjadi. Pembeli yang telah mentransfer uang nyatanya tak mendapatkan barang yang tak kunjung datang.
Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya kita menjadi pembeli yang cerdas di era modern ini. Mengikuti kecanggihan zaman, namun juga turut menjadikan manusia yang cerdas  dan selektif dalam  berbelanja era kini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar