my world

my world

Rabu, 02 September 2015

Justice For All

          
Ilmu Hukum , siapa yang lagi yang tak mengenal jurusan imu hukum ini. di setiap universitas hampir semuaa universitas memiliki fakultas dan program studi ilmu hukum. Tidak terkecuali universitas muhammadiyah malang yang juga mempunyai fakultas dan program studi ilmu hukum.berbicara tentang fakultas hukum Di zaman yang sekarang siapa yang tidak kenal kata “hukum” mendengar katanya saja sudah mulai mengerikan, hukum dihukum ?
           Ilmu hukum adalah mata pelajaran yang berpusat dan berfokus lebih ke praktek hukum. Hukum sendiri sangatlah mempunyai bidang yang luas seperti HAM , hukum kepemilikan , hukum perdagangan dll, hukum mempunyai tujuan menertibkan ketertiban masyarakat dengan memberikan peraturan yang jelas dan boleh atau tidak bolehnya dilarang.

            Setiap orang selalu berfikir seorang mahasiswa hukumm selalu dipikirnya “keras” padahal belum tentu benar bahwa semua mahasiswa hukum keras. Mahasiswa hukum bukanlah keras melainkan iya tegas. Banyak orang yang tidak mengetahui juga, jika kuliah di jurusan hukum “ribet terlalu banyak hafalan” di jurusan hukum tidak hanya hafalan saja, mahasiswa hukum bukan dituntut untuk menghafal namun mengerti, jika telah mengerti maka dapat mengembangkannya dengan baik.
Program studi ilmu hukum sendiri merupakan program yang bisa dikatakan “favorit” di setiap unversitas . karena apa ? prospek kerja yang ditawarkan di jurusan hukum ini bukanlah main-main. Prospek kerjanya luas dan menjamin lulusan hukum kedepannya. Selain itu keunggulan jurusan hukum sendiri adalah mahasiswa hukum bisa lebih mudah mempelajari hukum-hukum yang berlaku di indonesia dan diluar. Salah satu alasan mahasiswa hukum minat dengan jurusan hukum adalah mahasiswa hukum adalah mahasiswa yang memiliki samnagat sangat tinggi dan mimpi-mimpi yang sangat tinggi, karena mayoritas mahasiswa hukum minat dengan jurusan ini adalah dikarenakan “adanya keinginan dan niatan untuk merubah hukum di Indonesia menjadi lebih baik lagi” dengan adanya mahasiswa hukum juga telah membantu masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah inilah fungsi dari mahasiwa hukum. Mahasiswa hukum sangatlah suka dalam mempelajari dan berkomentar terhadap ketidakadilan.  Prospek kerja jurusan hukum :
·  Advokat
·  Arbiter
·  Jurusita
·  Konsultan Hak Kekayaan Intelektual
·  Dosen
·  Hakim
·  Jaksa
·  Notaris
·  Peneliti hukum
·  Panitera pengadilan,dll

 Jurusan Hukum di universitas muhammadiyah malang sendiri mempunyai visi dan misi yang sangat tinggi yang bercirikan dan berkarakter Profesional,Humanis,Religius. Visi hukum umm ini mengacu pada terjaminnya masyarakat utama/madani.Dalam perkembangannya sejarah lahirnya hukum di Indonesia sendiri telah pesat dan sangat berkembang hingga saat ini Perkembangan hukum diIndonesia hingga saat ini ditandai dengan masih banyaknya terjadi permasalahan perlakuan hukum bagi warga negara Indonesia. Terjadi perlakuan hukum terhadap warga biasa yang berbeda dengan perlakuan hukum kepada pejabat-pejabat serta orang-orang kaya yang berpengaruh dalam pemerintahan. Jelas sudah bahwa hukum yang diatur sedemikian rupa demi tercapainya kesejahteraan warga negara tidak akan berjalan dengan baik jika tidak didukung dengan keberanian positif yang berorientasi pada kepentingan umum para penegak hukum di negara itu sendiri. khususnya negara Indonesia yang hingga saat ini bahkan masih banyak bermunculan mafia hukum yang menghalalkan segala cara demi mencapai kepentingan pribadi dan terhindar dari jeratan hukum ketika mereka melakukan pelanggaran hukum. Dengan adanya ketimpangan ini , mahasiswa hukum di sini memiliki peran yang sangat penting, mahasiswa calon penegak hukum ini tentunya akan belajar dari kesalah-kesalahan awal dan akan memperbaikinya lebih baik, dan membuat hukum menjadi lebih adil seadilnya. Inilah peran semua mahasiswa tak terkecuali mahasiswa hukum sebagai agen perubahan dan pembaharuan kedepannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar